how we can help you? (+62) 81 238 212577 attaxindonesia1@gmail.com

Neraca Staffel dan Neraca Skontro – Konsultan Pajak Nganjuk

Bertemu lagi dengan kami Konsultan Pajak Nganjuk, Pernahkah kita melihat bentuk neraca secara umum? Bila kita melihat laporan keuangan, tentunya kita tidak asing dengan bentuk dari neraca yaitu sisi sebelah kiri (debet) biasa kita sebut aktiva dan sisi sebelah kanan (kredit) biasa kita sebut pasiva. Nah pada akuntasi sebenarnya ada 2 bentuk pada neraca yaitu model staffel dan model skontro. Seringnya yang kita lihat mungkin yang bentuk skontro karena banyak kita jumpai pada laporan keuangan.

            Neraca bentuk staffel adalah bentuk neraca yang disusun memanjang ke bawah dan saldo diletakkan pada bagian samping di kolom debet dan kredit. Berikut ini contoh neraca bentuk staffel:

Isi dari neraca model staffel ini terdiri atas aktiva, hutang usaha, dan modal yang disusun berurutan ke bawah. Untuk aktiva di sisi debet dan untuk pasiva di sisi kredit.

            Kemudian ada juga neraca bentuk skontro. Neraca bentuk skontro adalah bentuk neraca yang memisahkan antara aktiva di posisi kiri dengan pasiva di posisi kanan. Berikut contoh neraca bentuk skontro. Adapun isi dari neraca bentuk skontro ini sama dengan neraca bentuk staffel yaitu berupa aktiva di sisi kiri, hutang usaha, dan modal di sisi kanan. Berikut ini contoh neraca bentuk skontro:

Secara garis besar neraca bentuk staffel maupun neraca bentuk skontro mempunyai fungsi yang sama hanya dibedakan dari bentuknya saja. Untuk bentuk staffel memanjang ke bawah, sedangkan untuk skontro di pisahkan kiri dan kanan.

Setelah mengetahui apa itu Neraca Staffel dan Neraca Skontro, tidak perlu bingung harus kemana mengurus urusan pajak anda. Kami dari Konsultan Pajak Attax Indonesia siap membantu anda.

Kami Online