how we can help you? (+62) 81 238 212577 attaxindonesia1@gmail.com

PERBEDAAN AKUNTANSI DAGANG, JASA DAN MANUFAKTUR

Bertemu lagi dengan kami Konsultan Pajak Manado, seperti yang kita ketahui diantara kita semua pasti tidak asing dengan kata kata perusahaan yang bergerak di bidang dagang, jasa dan perusahaan manufaktur. Namun sebenarnya apa perbedaan ketiga hal tersebut?

Sebelum mengetahui perbedaan ketiganya baiknya kita mengetahui apa yang dimaksud dengan perusahaan dagang, jasa dan manufaktur.

  • Perusahaan dagang adalah perusahaan yang menjual produk/barang persediaan kepada konsumen. Perusahaan dagang tidak memproduksi sendiri melainkan mengambil dari supplier kemudian menjualnya kembali.
  • Perusahaan manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi bahan mentah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi dan kemudian dijual kepada konsumen
  • Perusahaan jasa adalah perusahaan yang tidak meproduksi suatu barang / produk tertentu. Perusahaan jasa memproduksi barang yang tidak berwujud akan tetapi penjualan berupa jasa pada perusahaan itu sendiri.

Lalu apa perbedaan antara perusahan dagang, manufaktur dan jasa ?

Berikut ini tabel perbedaan perusahaan dagang, manufaktur dan jasa

Perusahaan Dagang Perusahaan Manufaktur Perusahaan Jasa
Persediaan Barang Dagang – Bahan Baku

– Persediaan dalam proses produksi

– Persediaan bahan pembantu

– Persediaan barang jadi

Tidak memiliki persediaan
Pembelian Ada Ada Langsung dimasukkan dalam peralatan atau perlengkapan
Harga Pokok

Penjualan

Ada Ada Tidak ada
Akuntansi Biaya Tidak ada Ada Tidak ada

 

Setelah mengetahui tentang Perbedaan Akuntansi Dagang Manufaktur dan Jasa, tidak perlu bingung harus kemana mengurus urusan pajak anda . Kami dari Consultan Pajak Attax Indonesia siap membantu anda.

 

 

 

Kami Online