Laporan Laba/Rugi
Bertemu lagi dengan kami Konsultan Pajak Bogor, Apakah kita tau apa itu laporan laba/rugi? Secara ringkasnya laporan laba/rugi adalah salah satu laporan keuangan yang ada dalam siklus akuntansi dalam satu periode tertentu, yang di dalamnya menyajikan unsur pendapatan dan beban perusahaan yang akan menghasilkan laba atau pun kerugian suatu kegiatan usaha. Nah bila dilihat secara akuntansi laporan laba rugi merupakan Adapun laporan ini digunakan untuk mengukur keberhasilan operasional perusahaan selama jangka waktu tertentu dengan menentukan profitabilitas dan nilai investasi. Laporan ini menyajikan informasi untuk membantu dalam memprediksi jumlah arus kas di masa mendatang.
Berikut ini gambaran umum mengenai laporan laba/rugi:
PT ABC | ||
Laporan Laba/Rugi | ||
Periode Desember 20XX | ||
Pendapatan atas penjualan | xxx | |
Dikurangi oleh Beban Pokok Penjualan | (xxx) | |
Diperoleh Laba/Rugi Kotor | xxx | |
Dikurangi beban usaha | (xxx) | |
Dikurangi/Ditambah Penghasilan/Beban lain | xxx | |
Laba/Rugi Sebelum Pajak | xxx | |
Dikurangi Beban Pajak | (xxx) | |
Laba/Rugi Bersih | xxx |
Tapi dilihat dari bentuknya laporan laba rugi dapat dibuat dalam dua bentuk, yaitu:
- Bentuk Single Stepatau Langsung
- Seluruh pendapatan hasil dari penjualan dikelompokkan dan dijumlahkan,
- Seluruh beban dikelompokkan dan dijumlahkan,
- Jumlah pendapatan di kurangi dengan jumlah beban,
- Hasil selisihnya merupakan laba bersih atau rugi bersih.
- Bentuk Multiple Stepatau Tidak Langsung
- Pada akun pendapatan dibedakan menjadi pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha,
- Beban dibedakan menjadi beban usaha usaha dan beban di luar usaha,
- Pendapatan dan beban usaha disajikan pada bagian pertama, setelahnya adalah penyajian pendapatan dan beban di luar usaha.
Tujuan laporan laba/rugi ini antara lain:
- Untuk mengetahui jumlah pajak yang dibayarkan perusahaan.
- Untuk pengecekan histori perolehan laba / rugi dari waktu ke waktu yang digunakan sebagai evaluasi bagi manajemen perusahaan dalam mengambil keputusan,
- Untuk mengecek efisiensi dan efektivitas usaha berdasarkan pada nilai biaya usaha.
Elemen-elemen yang ada dalam laporan laba/rugi:
- Pendapatan (revenues), merupakan arus masuk atau peningkatan aktiva lainnya dari sebuah perusahaan atau penyelesaian liabilitas selama periode tertentu karena pengiriman atau produksi barang dan menyelesaikan jasa.
- Beban (expenses), merupakan arus keluar atau penggunaan aktiva atau timbulnya liabilitas selama periode tertentu karena pengiriman atau produksi barang dan menyelesaikan jasa.
- Keuntungan (profit), merupakan peningkatan ekuitas karena adanya transaksi perusahaan yang periferal atau secara kebetulan dihasilkan dari pendapatan atau investasi dari pemilik perusahaan.
- Kerugian (loss), merupakan penurunan ekuitas karena adanya transaksi perusahaan yang periferal atau secara kebetulan dihasilkan dari beban atau pendistribusian ke pemilik perusahaan.
- Laba Kotor, merupakan pengukuran pendapatan perusahaan secara langsung terhadap penjualan suatu produk selama satu periode akuntansi. Laba kotor mengindikasi secara langsung kemampuan perusahaan menutupi biaya produk. (Laba Kotor = Pendapatan Penjualan Bersih – Harga Pokok Penjualan)
- Laba Operasi, merupakan kemampuan perusahaan dalam mendapatkan pendapatan berdasarkan bisnis utamanya. Karena pada laba operasi merupakan selisih antara penjualan dengan seluruh beban dan biaya operasi.
- Laba Sebelum Pajak, merupakan jumlah dari laba yang di dapatkan perusahaan sebelum pajak penghasilan
- Laba Bersih, merupakan kelebihan pendapatan dari suatu hasil penjualan bersih pada harga pokok penjualan setelah dipotong oleh biaya-biaya, pajak penghasilan dan biaya operasi.
Setelah mengetahui apa itu Laporan Laba/Rugi, tidak perlu bingung harus kemana mengurus urusan pajak anda. Kami dari Consultan Pajak Attax Indonesia siap membantu anda.
Komentar Terbaru