how we can help you? (+62) 81 238 212577 [email protected]

PENGANTAR ASET JANGKA PANJANG

 

Bertemu lagi dengan kami Konsultan Pajak Yogyakarta, kami siap dan membahas tentang Pengantar Aset Jangka Panjang

Aset jangka panjang merupakan sumber daya yang di guankan untuk menghasilakan pendapatan operasi ( atau mengurangi biaya operasi ) selama lebih dari satu periode. Jenis aset panjang yang paling umum adalah aset tetap berwujud seperti tanah dan bangunan, pabrik dan peralatan. Aset jangka panjang juga terdiri dari aset tak berwujud seperti paten, merek dagang,hak cipta dan goodwill.

Akuntansi aset jangka panjang

  • Kapitalisasi, alokasi dan penurunan

Kapitalisasi ( capitalization ) merupakan proses penangguhan biaya yang terjadi pada periode berjalan, tetapi manfaatnya di harapkan berlanjut sampai satu periode atau lebih di masa depan. Kapitalisasi juga menghasilkan akun aset.

Alokasi ( allocation ) merupakan proses pembebanan biaya tangguhan ( aset ) secara periodik dalam satu atau lebih masa manfaat yang di harapkan di masa depan.

Penurunan nilai ( impairment ) merupakan proses penurunan nilai buku aset ketika arus kas yang diharapkan tidak lagi cukup untuk menutupi sisa biaya yang di laporkan dalam laporan posisi keuangan

  • Kapitalisasi versus pembebanan: Dampak laporan keuangan dan rasio

Kapitalisis mempengaruhi laporan keuangan dan rasionya, serta berpengaruh terhadap superioritas laba atas arus kas sebagai pengukuran kinerja keuangan.

Dampak kapitalisasi terhadap laba

Kapitalisasi memiliki dua dampak terhadap laba:

  1. Kapitalisasi menunda pengakuan beban dalam laporan laba rugi. Artinya, kapitalisasi menyebabkan laba yang lebih tinggi pada periode akuisisi, tetapi menghasilkan laba yang lebih rendah untuk periode berikutnya jika di bandingkan dengan pembebanan biaya.
  2. Kapitalisasi menyebabkan serangkaian laba yang lebih merata.

Dampak kapitalisasi terhadap imbal hasil investasi

Kapitalisasi menurunkan volatilitas pengukuran laba dan rasio imbal hasil investasi. Kapitalisasi mempengaruhi pembilang ( laba ) dan penyebut ( dasar investasi ) dari rasio imbal hasil atas investasi.

Dampak kapitalisasi terhadap rasio solvabilitas

Dalam pembebanan biaya aset secara langsung, rasio solvabilitas, seperti rasio utang terhadapn ekuitas, mencerminkan kondisi perusahaan yang lebih buruk dari kondisi yang sebenarnya. Hal ini terjadi karena dalam pembebanan biaya langsung, ekuitas dinyatakan terlalu rendah untuk perusahaan yang memiliki aset produktif.

Dampak kapitalisasi arus kas operasi

            Ketika biaya aset dibebankan langsung, biaya tersebut dilaporkan sebagai arus kas keluar operasi. Sebaliknya, ketika biaya aset dikapitalisasi, baiaya akan di laporkan sebagai arus kas keluar investasi.

 

Setelah mengetahui tentang Pengantar Aset Jangka Panjang, tidak perlu bingung harus kemana urusan pajak Anda, kami dari Konsultan Pajak Attax Indonesia siap membantu Anda

Kami Online