how we can help you? (+62) 81 238 212577 [email protected]

PROSES PENYUSUNAN ANGGARAN

Bertemu lagi dengan kami, Konsultan Pajak Trenggalek.  Berikut kami jelaskan apa itu arti anggaran.

Anggaran adalah suatu rencana terinci yang disusun secara sistematis dan dinyatakan secara formal dalam ukuran kuantitatif, biasanya dalam satuan uang. Suatu anggaran biasanya meliputi waktu satu tahun dan menyatakan pendapatan dan beban yang direncanakan untuk tahun itu.

Anggaran juga menyediakan cara untuk berkomunikasi tujuan jangka pendek organisasi untuk karyawannya. Meminta manajer unit organisasi untuk melakukan activities penganggaran dapat mencapai dua hal:

(1) merefleksikan seberapa baik tujuan Manajer Unit memahami organisasi, sehingga mereka dapat menyelaraskan kegiatan mereka dan prioritas belanja dengan tujuan tersebut, dan

(2) memberikan kesempatan bagi planners senior organisasi untuk memperbaiki kesalahan persepsi tentang tujuan organisasi.

Penganggaran juga berfungsi untuk mengkoordinasikan berbagai kegiatan organisasi. Misalnya, anggaran menunjukkan efek dari tingkat penjualan pada pembelian, produksi, dan kegiatan administrasi dan jumlah karyawan yang harus dipekerjakan untuk melayani pelanggan.

Tahap-Tahap Penyusunan Anggaran

  1. Penerbitan Pedoman

Mengembangkan pedoman yang mengatur penyusunan anggaran, untuk disebarkan kepada semua manajer. Pedoman ini dinyatakan secara implisit dalam rencana strategis dan dimodifikasi sesuai dengan perkembangan yang telah terjadi semenjak disetujui.

  1. Usulan awal anggaran

Mengembangkan permintaan anggaran, didasarkan pada tingkatan yang ada, yang kemudian dimodifikasi sesuai dengan pedoman

  1. Negosiasi
    Pembuat anggaran mendiskusikan usulan anggaran dengan atasannya. Pertimbangan yang mempengaruhi, adalah kinerja di tahun anggaran sebaiknya merupakan perbaikan dari kinerja tahun berjalan
  2. Tinjauan dan persetujuan

Usulan anggaran diajukan melalui beberapa tingkatan yang berjenjang dalam organisasi. Analis akan menganalisis usulan anggaran dari berbagai unit bisnis dengan mempelajari konsistensi, contoh; apakah anggaran produksi konsisten dengan rencana volume penjualan.

  1. Revisi anggaran, harus dijustifikasi berdasarkan perubahan kondisi  yang signifikan dari yang ada ketika anggaran yang asli disetujui

Prosedur Penyusunan Anggaran

TAHAP 1

Penentuan Pedoman Anggaran

  • Menetapkan rencana besar perusahaan
  • Membentuk panitia penyusun anggaran

TAHAP 2

Persiapan Anggaran

  • Sebelum membuat anggaran, hendaknya terlebih dahulu membuat ramalan (forecast)

TAHAP 3

Penentuan Anggaran

  • Menyesuaikan rencana akhir komponen anggaran
  • Mengkoordinasikan & menelaah komponen anggaran
  • Pengesahan & pendistribusian anggaran

TAHAP 4

Pelaksanaan Anggaran

  • Membuat laporan realisasi anggaran

 

Setelah mengetahui tentang  Proses Menyusun Anggaran, tidak perlu bingung harus kemana mengurus urusan pajak anda. Kami dari Consultan Pajak Attax Indonesia siap membantu anda.

 

Kami Online