how we can help you? (+62) 81 238 212577 [email protected]
sumber, instagram @ditjenpajakri

Konsultan Pajak Kota Bandung – Reformasi Perpajakan, Apa Saja Yang Akan Berubah?

DJP melalui akun instagram @ditjenpajakri mengenalkan masyarakat dengan salah satu bentuk reformasi perpajakan, yaitu Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP).

Tujuan Reformasi Perpajakan

Tujuan utama dari Reformasi Perpajakan ini adalah untuk mewujudkan Voluntary Compliance dalam rangka Optimalisasi Penerimaan Pajak. DJP telah melakukan Reformasi Perpajakan sejak tahun 2000 yang di awali dengan Reformasi Perpajakan I. Saat ini, DJP telah mencapai Reformasi Perpajakan III. Reformasi Perpajakan 3 telah berlangsung sejak 2016 dan akan berakhir pada 2024.

PSIAP

Salah satu pembaruan tersebut adalah Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP). PSIAP adalah proyek redesain dan reenginering proses bisnis administrasi perpajakan melalui pembangunan sistem informasi yang berbasis COTS (Commercial Off-The-Shelf) disertai dengan pembenahan basis data perpajakan sehingga sistem perpajakan menjadi mudah, andal, terintegrasi, akurat, dan pasti untuk optimalisasi pelayanan, pengawasan dan penegakan hukum. Beberapa hal yang melatarbelakangi pembaruan ini adalah teknologi yang usang, ketahanan infrastruktur yang berkurang, belum mencakup semua proses bisnis, meningkatkan beban akses dan pengelolaan data, dan mengikuti perkembangan dunia digital terkini.

Dengan adanya perubahan ini, terdapat juga proses bisnis yang berubah. Seperti cara registrasi, pengelolaan SPT, pembayaran, Taxpayer Account Management (TAM), layanan wajib pajak, third party data processing, Exchange of Information (EoI), Data Quality Management (DQM), Document Management System (DMS), Business Intelligence (BI), Compliance Risk Management (CRM), penilaian, pengawasan, ekstensifikasi, pemeriksaan, penagihan, intelijen, penyelidikan, keberatan dan banding, non keberatan, dan Knowledge Management System.

Manfaat

Beberapa manfaat dari PSIAP ini adalah dengan sistem yang terintegrasi, pekerjaan manual menjadi berkurang, meningkatkan produktifitas dan kapabilitas kinerja DJP. PSIAP ini juga akan lebih menciptakan kredibilitas, akuntabilitas dan kepercayaan terhadap DJP. DJP membagikan timeline PSIAP yang meliputi high level design (Januari – Maret 2021), detailed design (April – September 2021), build, test, & training (Juni 2021 – Mei 2023), deploy (Oktober 2023), serta support (Januari – Desember 2024).

Selain itu, saat ini DJP juga baru memperkenalkan era baru Single Identification Number (SIN) di Indonesia. Perkenalan ini DJP lakukan bersamaan dengan puncak peringatan Hari Pajak Nasional 2022. Dirjen Pajak Suryo Utomo bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani mempraktikkan login layanan DJP online dengan NIK mereka. Meskipun baru terdapat sekitar 19 Juta data NIK yang telah terintegrasi dengan NPWP, DJP mengaku akan melakukan pemadanan atau integrasi data yang tersisa secara bertahap.

Itulah tadi artikel mengenai Reformasi Perpajakan, Apa Saja Yang Akan Berubah? yang perlu Anda ketahui. Anda tidak perlu bingung harus kemana mengurus urusan pajak Anda. Kami Konsultan Pajak Attax Indonesia siap membantu Anda. Anda dapat menghubungi kami di halaman ini untuk konsultasi secara online atau offline

Sumber :

https://www.instagram.com/p/CgbySQrP4Cf/

Kami Online