Tahapan Audit Laporan Keuangan
Bertemu lagi dengan kami Konsultan Pajak Binjai, seperti yang kita ketahui mungkin beberapa diantara kita tidak asing dengan kata audit. Sebenarnya apa si yang dimaksud dengan audit?
Audit adalah pemeriksaan laporan keuangan untuk memberikan pendapat atas kebenaran penyajian laporan keuangan perusahaan dan juga menjadi salah satu faktor dalam pengambilan keputusan.
Ada 4 tahap dalam proses audit :
- Merencanakan dan merancang pendekatan audit
Dalam setiap audit, ada bermacam-macam cara yang dapat ditempuh seorang auditor dalam mengumpulkan bahan bukti untuk mencapai tujuan audit secara keseluruhan. Perencanaan dan perancangan suatu pendekatan audit dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Dari 2 bagian – bagian perencanaan tersebut terdiri dari
- Memperoleh pemahaman akan strategi bisnis klien dan memproses serta menilai resiko
- Memahami pengendalian intern dan menilai resiko pengendalian
- Melaksanakan uji pengendalian dan uji substantif atas transaksi
Jika auditor telah menetapkan tingkat resiko pengendalian yang lebih rendah berdasarkan identifikasi pengendalian, auditor dapat memperkecil luas penilaiannya sampai suatu titik dimana ketepatan informasi keuangan yang berkaitan langsung dengan pengendalian itu harus diperiksa keabsahannya melalui pengumpulan bahan bukti. Untuk menyesuaikan semula, maka auditor harus melakukan uji atas efektivitas dari pengendalian tersebut. Prosedur – prosedur yang terkait dengan jenis uji semacam ini umumnya disebut sebagai uji pengendalian (test of control). Auditor juga harus melakukan evaluasi atas pencatatan berbagai transaksi yang dilakukan oleh klien dengan memverifikasi nilai moneter dari berbagai transaksi itu. Verifikasi ini dikenal sebagai uji subtantif atas transaksi.
- Melaksanakan prosedur analitis dan pengujian terinci atas saldo
Prosedur analitis menggunakan perbandingan – perbandingan serta
berbagai hubungan untuk menilai apakah saldo akun – akun atau tampilan
data – data lainnya tampak wajar. Sedangkan uji rincian saldo merupakan
berbagai prosedur spesifik yang ditujukan untuk menguji salah saji moneter
pada akun – akun dalam laporan keuangan.
- Menyelesaikan audit dan menerbitkan laporan audit.
Setelah auditor menyelesaikan semua prosedur tahap selanjutnya adalah menggabungkan seluruh informasi yang didapat untuk memperoleh kesimpulan menyeluruh mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan. Penggabungan akhir hanyalah penyatuan dari penggabungan-penggabungan tadi pada saat penyelesaian penugasan. Jika audit telah dilaksanakan, kantor akuntan publik harus mengeluarkan laporan audit yang menyertai laporan keuangan klien yang diterbitkan. Laporan itu haruslah memenuhi persyaratan teknis yang jelas yang dipengaruhi oleh ruang lingkup audit dan sifat temuan auditor.
Setelah mengetahui tentang Tahapan Audit Laporan Keuangan, tidak perlu bingung harus kemana mengurus urusan pajak anda . Kami dari Konsultan Pajak Attax Indonesia siap membantu anda.
Komentar Terbaru