how we can help you? (+62) 81 238 212577 [email protected]

Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Bertemu lagi dengan kami Konsultan Pajak Bojonegoro Tanda Daftar Perusahaan (TDP) adalah daftar catatan resmi yang diadakan menurut atau berdasarkan ketentuan undang-undang atau peraturan-peraturan pelaksanaannya, dan memuat hal-hal yang wajib didaftarkan oleh setiap perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Setiap perusahaan wajib memiliki Tanda Daftar Perusahaan (TDP) baik berbentuk badan hukum, koperasi, perorangan, dll.

Setiap perusahaan yang berbentuk Perseroan Terbatas (PT), Koperasi, Persekutuan Komanditer (CV), Firma (Fa), Perorangan, dan Bentuk Usaha Lainnya (BUL), termasuk Perusahaan Asing dengan status Kantor Pusat, Kantor Tunggal, Kantor Cabang, Kantor Pembantu, Anak Perusahaan, Agen Perusahaan, dan Perwakilan Perusahaan yang berkedudukan dan menjalankan usahanya di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia wajib didaftarkan dalam daftar perusahaan.

Pendaftaran wajib dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan, atau dapat diwakilkan kepada orang lain dengan memberi surat kuasa.

Tanda Daftar Perusahaan berlaku selama Perusahaan tersebut masih beroperasi dan wajib didaftarkan ulang setiap 5 (lima) tahun.

Perusahaan yang dikecualikan dari Wajib Daftar Perusahaan adalah :

  • Setiap perusahaan yang berbentuk jawatan (Perjan).
  • Perusahaan kecil perorangan yang tidak memerlukan izin usaha

 

Menurut berita SURYA.co.id, Jum’at, 28 April 2017, Pelayanan secara online berbasis teknologi informasi telah diterapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dalam beberapa tahun terakhir.

Utamanya pelayanan terkait perizinan. Pelayanan online ini tidak hanya memudahkan pemohon, tetapi membuat alur perizinan jadi lebih transparan, serta menutup celah terjadinya pungutan liar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Surabaya, Antiek Sugiharti menjelaskan, terkait proses perizinan, masyarakat bisa mengakses langsung melalui Surabaya Single Window di ssw.surabaya.go.id.

Masyarakat juga bisa memonitor sendiri sampai di mana progres perizinan nya.

Bahkan, untuk TDP, cetaknya sudah bisa di kecamatan. Artinya, pemohon tidak perlu mengambilnya di dinas.

“Kalau ada yang bilang bayar, di mana bayarnya. Bahkan, kalau semisal masyarakat kurang puas, masyarakat bisa melapor ke Media Center kami,” sambung Antiek.

Senada dengan Antiek, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Eko Agus Supiadi menjelaskan, Pemkot Surabaya sudah punya mal perizinan di gedung Siola.

Menurutnya, ada 152 jenis perizinan yang bisa diurus. Dan itu sudah berbasis online dengan mobile aplikasi.

Dengan memakai mobile aplikasi tersebut, antara pemohon dan petugas bertemunya dengan sistem alias tidak bertatap langsung sehingga menutup celah adanya pungutan.

Apalagi disebut jumlahnya mencapai jutaan. “Kalau dibilang ada pungutan, itu nggak benar. Seakan-akan uang itu masuk ke Pemkot lha wong kita ketemu pakai sistem. Itu uangnya ke siapa. Karenanya, saya akan terus melakukan klarifikasi masalah ini,” tegas Agus.

Untuk persyaratan yang diperlukan :

  1. Surat Permohonan Pendaftaran TDP (pencetakan sudah disediakan di aplikasi ssw.surabaya.go.id)
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur + seluruh Pengurus Badan Usaha (Kom,P.Shm,dll) (untuk penduduk luar Surabaya)
  3. Copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) atau NPWP Badan Usaha, jika berupa Badan Usaha
  4. Surat Pernyataan Keabsahan dan Kebenaran atas dokumen disertai Materei 6.000,- (pencetakan sudah disediakan di aplikasi ssw.surabaya.go.id)
  5. Akta pendirian Perusahaan dan / atau perubahannya
  6. Penyesuaian Undang Undang PT
  7. Copy Ijin Teknis yang dimiliki (SIUP, dll spt TDI/IUI, SIUJK)
  8. Untuk Cabang ditambahkan:
    a. Surat permohonan pembukaan cabang (redaksi bebas).
    b. Surat Penunjukan Kepala Cabang.
    c. Fotocopy dokumen pembukaan Kantor Cabang/Perwakilan Perusahaan.
    d. Fotocopy SIUP Kantor Pusat Perusahaan yang telah dilegalisasi oleh Pejabat Penerbit SIUP (Legalisir Basah posisi di atas (Asli 2) SIUP Pusat 3 lembar).
    e. Fotocopy TDP Pusat 1 lembar dengan status KANTOR PUSAT.
  9. Materai Rp. 6.000,- (sedia 3 lembar)
  1. Surat kuasa dan fotocopy KTP penerima kuasa bagi pemohon yang pengurusan izinnya melalui jasa pihak lain.

Setelah mengetahui tentang Tanda Daftar Perusahaan (TDP), tidak perlu bingung harus kemana mengurus urusan pajak anda. Kami dari Consultan Pajak Attax Indonesia siap membantu anda.

 

 

 

 

 

 

Kami Online